Latest News

CARA PALING EFEKTIF MENJODOHKAN BURUNG JALAK SUREN

Kicaukan - Cara Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren - Sobat kicaukan, burung jalak suren merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung kicau. Jalak suren mempunyai ciri khas yang indah sehingga tak heran burung ini semakin populer. Namun ada satu masalah klasik yang membuat banyak kicau mania menyerah untuk menangkar burung berwarna hitam putih ini. Kebanyakan dari para JS mania mengalami kesulitan untuk menangkar JS, terutama dalam hal menjodohkan JS. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan membahas tentang cara menjodohkan burung jalak suren. Simak artikel berikut dengan saksama.

Jalak suren atau JS memang mempunyai karakter petarung yang memang lebih sulit "dijinakkan" daripada burung kicau lain seperti kenari, lovebird, kacer, murai batu, atau burung lain. Tetapi alangkah baiknya jika sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara menjodohkan burung jalak suren, berikut ada beberapa artikel tentang jalak suren yang mungkin menarik buat anda :

Setelah anda membaca artikel tentang jalak suren di atas, mari kita kembali ke topik awal yaitu tentang cara menjodohkan burung jalak suren.

Cara Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren

Pada dasarnya cukup mudah untuk menjodohkan JS, hanya membutuhkan kesabaran dan sedikit teknik yang tepat. Berikut ini langkah-langkah praktis untuk cara menjodohkan burung jalak suren :
  1. Jodohkan jalak suren sejak masih anakan.
  2. Masukkan beberapa ekor jalak suren anakan ke dalam satu sangkar. Saran kami adalah masukkan 4 ekor anakan JS atau lebih untuk dimasukkan ke dalam sangkar. Ini sebagai langkah antisipasi, karena jika kita membeli anakan JS 2 ekor saja, belum tentu berkelamin jantan dan betina. Tetapi jangan dipaksakan, sesuaikan dengan budget dan kemampuan masing-masing saja. Yang jelas cara penjodohan seperti ini lebih efektif, khususnya bagi breeder pemula. Untuk mengtahui ciri-ciri jalak suren jantan dan betina silakan baca di sini.
  3. Tunggu sampai dewasa dan jalak suren akan terlihat apakah sudah berjodoh atau belum. Karena secara alami JS akan menentukan mana pasangan/jodohnya sendiri.
  4. Setelah dewasa, JS yang sudah berjodoh akan terliaht selalu berdekatan dan sangat mesra. Anda dapat menguji apakah JS sudah berjodoh atau belum dengan cara memisahkan JS jantan dan betina ke sangkar yang berbeda namun sangkarnyaditempelkan/didekatkan.
  5. JS jantan dan betina yang telah berjodoh dapat anda amati. Si jantan akan selalu ngerol dan bersuara, sedangkan si betina akan ikut bersuara sambil menarik kepalanya ke belakang dengan ekor yang sedikit diangkat.
  6. Begitu juga sebaliknya, jika si betina mengeluarkan suara maka si jantan akan meresponnya dengan bersuara pula. 
  7. Biasanya proses ini dapat berlangsung selama 5-7 hari.
  8. Jika sudah pasti berjodoh, maka masukkan keduanya ke kandang penangkaran.
  9. Jalak suren jantan dan betina sama-sama bisa mengeluarkan suara ngerol. Burung jantan biasanya tancep. Adapun burung betina ngeper-ngeper, yaitu kepalanya ditarik ke belakang, ekornya diangkat sedikit.
  10. Persiapkan kandang penangkaran dengan dilengkapi unjal. Sebagian unjal ditaruh di sangkar, dan sebagian lagi ditaruh di dasar kandang. Baca cara beternak burung jalak suren agar berhasil di sini.
  11. Sedangkan JS yang tidak berjodoh dapat dilihat dari perilakunnya. Jika JS jantan bersuara, si betina hanya diam saja dan tidak merespon. Begitu juga sebaliknya. Dan saat dimasukkan ke dalam satu sangkar maka akan berkelahi. Jika tidak jodoh, maka gantilah salah satu JS dengan JS lain.

Nah, demikian beberapa tips tentang cara menjodohkan burung jalak suren. Saat mencoba menjodohkan dan menangkar JS, kuncinya adalah kesabaran dan keuletan serta usaha maksimal agar berhasil. Jangan mudah menyerah untuk selalu mencoba, karena selalu ada jalan bagi siapa saja yang bersungguh. Man jadda wajada. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Paling Efektif Menjodohkan Burung Jalak Suren. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : CIRI-CIRI BAKALAN PRENJAK KEPALA MERAH BERKUALITAS BAGUS.